Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menanam vanili agar cepat berbuah

Cara menanam vanili agar cepat berbuah

 Menanam vanili tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ini hanya masalah mengikuti langkah-langkah ini dan mengawasi tanaman kecil Anda.

Vanilla adalah rempah-rempah bernilai tinggi, tetapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berbuah dan sulit untuk tumbuh.

  • Vanilla adalah rempah-rempah bernilai tinggi, tetapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berbuah dan sulit untuk tumbuh.

  • Jadi apa hubungannya dengan Anda? Seperti yang kita semua tahu, ekstrak vanili sebenarnya tidak dibuat dengan biji vanili sama sekali. Ini sebenarnya terbuat dari biji fermentasi anggrek tertentu, nama umumnya adalah Vanilla planifolia (lihat foto). Proses ini membutuhkan kesabaran dan perawatan karena biji bunga ini hanya berkembang setelah dua tahun di dalam polongnya.

Dapatkan dua botol ekstrak vanili.

  • Beli dua botol ekstrak vanila. Ekstrak vanila adalah cairan bening dan kental yang terbuat dari perendaman biji vanila dalam alkohol selama beberapa bulan. Ini memberi es krim rasa dan aroma khasnya. Anda dapat menemukannya di sebagian besar toko kelontong atau online. Rasa yang terkonsentrasi berarti Anda akan menggunakan lebih sedikit daripada yang Anda lakukan dengan ekstrak lain, jadi jangan khawatir tentang membeli terlalu banyak pada saat ini (kecuali jika Anda berencana untuk membuat banyak es krim!).

  • Tuangkan sedikit ke dalam mangkuk pencampuran Anda dan aduk untuk mengeluarkan udara dan mencampurnya dengan kuning telur yang akan datang berikutnya!

Kemudian peras bijinya ke dalam pot tanah biasa.

Setelah Anda mencuci dan mengawetkan biji vanili, gunakan pisau tajam untuk membelahnya menjadi dua. Anda dapat membuang bagian ini atau menyimpannya untuk membuat ekstrak vanili.

Selanjutnya, masukkan bijinya ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat gelap yang sejuk setidaknya selama enam bulan. Semakin lama Anda membiarkannya, semakin kuat ekstrak vanili Anda.

Sebelum menggunakan biji vanili, periksa apakah biji vanili sudah benar-benar kering dengan cara menekannya; jika masih ada uap air yang tertinggal di dalamnya, kembalikan ke wadahnya selama beberapa minggu atau bulan lagi sampai kering.

Jaga agar tanah tetap lembab secara konsisten tetapi tidak basah kuyup.

Langkah ini adalah bagian tersulit dari keseluruhan proses, jadi saya akan mencoba membuatnya semudah mungkin untuk Anda.

Kuncinya di sini adalah memastikan bahwa tanah Anda tetap lembab secara konsisten tetapi tidak basah kuyup. Jika tanah menjadi terlalu basah dan lembab, ini akan menyebabkan jamur dan busuk - dan jika terlalu kering, maka tanaman Anda tidak akan tumbuh subur dan berdaun dengan baik.

Anda harus memeriksa pot Anda setiap beberapa hari dan memercikkan air ke pot jika terlihat seperti membutuhkan kelembaban. Pastikan tidak ada genangan air di sekitar dasar atau sisi pot Anda!

Jika Anda memiliki sistem tetes (pada dasarnya hanya selang irigasi dengan lubang-lubang kecil di sepanjang panjangnya), ini dapat membantu menjaga semua pot kecil itu tetap lembab tanpa harus terlalu khawatir tentang memastikan mereka mendapatkan cukup air setiap satu atau dua hari. Namun, jika ini bukan pilihan bagi Anda (atau jika menggunakannya akan memerlukan pengeboran lubang di dinding kita), maka jangan takut untuk menggunakan kaleng penyiram sebagai gantinya!

Setelah 2 minggu, sikat daun dengan lembut menggunakan salah satu botol ekstrak kosong.

  • Setelah 2 minggu, sikat daun dengan lembut menggunakan salah satu botol ekstrak kosong.

  • Gunakan botol ekstrak kosong untuk menyikat daun dengan gerakan melingkar sampai kering.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, vanili Anda akan berbunga dalam waktu 6 bulan!

Untuk memulai, Anda akan memerlukan:

  • kendi kaca atau wadah bening

  • Tanaman vanili. Anda dapat mengambilnya di pusat taman setempat.

  • Tanah dengan nutrisi yang tepat (lihat artikel kami tentang cara membuat kompos sendiri)

  • Isi botol dengan air dan jemur di bawah sinar matahari selama 24 jam agar hangat dan tidak ada kemungkinan terbentuknya embun beku saat Anda menempatkan tanaman vanili di dalamnya nanti. Tanah Anda juga harus dijaga agar tetap lembab secara konsisten; jika kondisinya kering, pertimbangkan untuk menyiram setiap hari sampai berbunga. Anda juga ingin tetap menyikat daun dengan lembut setiap saat selama proses ini, yang mendorong mekar!

Kesimpulan: Vanili mudah tumbuh jika Anda tahu trik-trik ini.

  • Jika Anda ingin menanam vanili, Anda tidak memerlukan tanah pot khusus atau pengaturan mewah.

  • Jika Anda ingin menggunakan biji vanili dalam memanggang dan memasak, pertimbangkan untuk menggunakan ekstrak sebagai pengganti biji vanili.

  • Untuk hasil yang optimal, tanamlah benih dalam botol kaca kecil dengan pasir di bagian bawahnya. Pasir akan bertindak sebagai isolator terhadap hilangnya kelembaban selama perkecambahan dan juga menyediakan struktur bagi akar untuk tumbuh. Setelah cukup besar, pindahkan ke dalam pot yang lebih besar yang diisi dengan tanah pot biasa.

Conclusion

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, vanili Anda akan berbunga dalam waktu 6 bulan!

Posting Komentar untuk "Cara menanam vanili agar cepat berbuah"