Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kerusakan TV LED Tidak Keluar Gambar Tapi Ada Suaranya


Penyebab kerusakan TV LED tidak keluar gambar tapi ada suaranya- Beberapa kerusakan Tv LED yang sering kali terjadi yaitu TV LED keluar gambar namun suara tidak ada.Sekarang ini sudah hampir setiap rumah pasti punya yang namanya TV, karena TV  merupakan salah satu hiburan yang paling murah saat ini. Kita bisa dengan mudah menemukan TV di hampir semua rumah-rumah masyarakat.

TV led Rusak


Jika berbicara soal televisi atau TV ,merupakan alat elektronik yang tidak berbeda dengan lainya yaitu cara penggunaanya pasti harus tersambung dengan listrik.Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk timbulnya kerusakan pada mesin.namanya saja alat elektronik pada suatu saat akan memgalami kerusakan juga di karenakan pemakaian yanh non stop atau karena ada nya kerusakan lain pada sparepart tv.

Nah dengan  kerusakan TV yang bisa di bilang sangat kompleks membuat beberapa pengguna bingung bahkan tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Akhirnya mereka akan membawa TV rusak tersebut ke tukang servis untuk di betulkan. Padahal kalau kalian mau sedikit belajar kalian sendiri akan bisa menservice nya sendiri dan tidak semua kerusakan pada TV harus dibawa ke tukang servis.

Kalian bisa mengatasinya sendiri dengan belajar dan mempraktik kan dan yang pasti jangan terlalu jauh bertindak dan mengotak atik sparepart penting yang tidak ada kaitanya dengan kerusakan atau nantinya bukanya tambah benar tapi malah tambah parah kerusakanya.Kerusakan bisa dialami oleh semua jenis TV LED, LCD, maupun TV tabung.salah satu kerusakanya yaitu TV LED tidak keluar gambar namun suaranya saja yang tidak muncul
TV LED tidak keluar gambar namun ada suaranya

Kerusakan seperti ini juga tak bisa pandang merk baik itu  Sharp, Phillips, Panasonic, Polytron, Toshiba, Akari, LG,Samsung dan merk-merk yang lain. Tentu kalian akan bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab TV LED tidak keluar gambar tapi ada suaranya? Berikut ulasannya.

1.Fuse SMD Putus atau rusak

Penyebab kenapa TV LED tidak keluar gambar tapi ada suaranya yaitu karena fuse smd yang berada pada board T-con putus.tempatnya ada di dekat kabel LVDS. Jika memang begitu, maka kalian harus mengganti fuse yang putus dengan fuse baru.dan kalian bisa membelinya di toko toko sparepart elektronik.

2. Supply Tegangan Voltase Tidak Memadai

dikarenakan supply tegangan T-con tidak mencukupi atau bahkan tegangan kurang. Jika seharusnya T-con mendapatkan supply tegangan 12V. Jika tegangan yang men supply kurang, maka bisa dikatakan jika kerusakan terjadi pada power supply.Kalian bisa mengeceknya menggunakan AVOmeter.

3. Kabel LVDS Belum Terpasang dengan baik

selanjutnya penyebab kenapa TV LED tidak keluar gambar tapi ada suaranya yaitu dikarenakan kabel LVDS belum terpasang dengan baik,rusak atau bahkan terlepas.untuk mengatasinya yaitu dengan membuka kasing TV dan mulailah melakukan pengecekan. Jika kabel LVDSnya terlepas maka kalian bisa pasang kembali.

4. Part T-Con Sudah Rusak

kalian terlebih dulu cek T-Con karena jika tv LED muncul gambar tapi suara tidak ada bisa karena T-con yang rusak. Untuk cara mengatasinya yaitu kalian harus mengganti T-con yang rusak itu dengan T-con baru yang masih berfungsi normal. harga T-con tidak lah mahal kalian bisa mendapatkanya di toko sparepart elektronik yang banyak tersedia di kota atau wilayah tempat tinggal kalian.

5. IC Gamma AS-15 yang sudah Rusak

penyabab mengapa TV LED tidak keluar gambar tapi ada suaranya yaitu karena IC gamma AS-15 sudah rusak. Tempat IC ini berada dalam satu lokasi dengan board T-Con. Silahkan dicek terlebih dahulu, jika IC Gamma AS-15 rusak maka silahkan ganti dengan yang baru.

Gimana ?masih bingung ?untuk cara step by step kalian bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini

Pertama silahkan kalian buka casing TV kalian setelah itu cek tegangannya apakah normal atau tidak Jika normal, lanjut periksa konektor-konektornya Apabila normal, berarti kerusakan terjadi pada komponennya.

kurang lebihnya begitulah beberapa pembahasan singkat mengenai penyebab TV LED Tidak Keluar Gambar Tapi Ada Suaranya, dengan cara mengatasinya.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kerusakan TV LED Tidak Keluar Gambar Tapi Ada Suaranya"