Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab memori internal Hp penuh dan cara mengatasinya

 Penyebab memori internal Hp penuh dan cara mengatasinya

Memori Hp yang penuh sering menjadi masalah yang umum bagi setiap penguna ponsel apalagi saat anda sedang ingin menyimpan file file penting yang baru anda dapatkan ,namun apa yang harus di lakukan jika memori Hp yang penuh,
Sebelum itu mari kita bahas sedikit tentang memori ,memori Hp ada dua jenis yaitu memori internal dan juga memori eksternal. Memori internal yaitu memori yang menjadi penyimpanan utama pada sebuah ponsel dan semakin penuh memori internal maka akan menyebabkan beberapa system ponsel anda tidak dapat bekerja dengan bagaimana semestinya.Alhasil anda harus menghapusnya.

Sedangkan memori eksternal merupakan pengimpanan memori kedua yang berfungsi membantu memori internal ,bagaimana bisa ? karena anda bisa mendapatkan 2× bahkan lebih ruang penyimpanan jika anda memasang dan menggunakan memori eksternal pada ponsel anda.lalu seperti apa contoh memori eksternal ? contoh memori eksternal antara lain yaitu memory card ,hard disk (pada pc & laptop) dan flashdisk.

Namun ada satu lagi yaitu RAM.
Apa itu RAM ? RAM atau Random Access Memory biasanya berfungsi dan berdampak pada kecepatan ponsel saat melakukan aktivitas gamming atau bermain game,melakukan multi tasking,dan lain sebagainya.namun kecepatan ponsel tidak hanya di ukur berdasarkan besar kecilnya RAM saja namun juga Chipset yang di gunakan pada ponsel tersebut.

Kembali lagi di topik pembahasan kali ini untuk cara mengatasi memori hp yang penuh akan kita bahas berikut ini beserta penyebabnya.

1.Cache

Cache atau merupakan sampah file yang menumpuk tanpa pernah anda hapus sering mengakibatkan memori ponsel anda menjadi penuh dan mengakibatkan anda tidak bisa menyimpan file baru lagi.

Lalu darimana datangnya Cache ?

Cache berasal dari aplikasi dan browser yang anda gunakan .jadi intinya begini .semakin sering anda melakukan aktivitas di aplikasi atau browser tersebut seperti menonton video ,melakukan browsing,mendownload file dan bermain game cloud selain itu aplikasi dengan ukuran mb (megabyte) yang cukup besar biasanya sering menjadi penyebab utama cepatnya file cache terus bertumpuk dan menghabiskan ruang penyimpanan memori internal.

Cara mengatasinya : jadi selain menghapus file cache atau file sampah dari ponsel menggunakan aplikasi pembersih sampah di sini saya akan berbagi tips yg paling mudah menghapus cache tanpa harus mendownload aplikasi tambahan.

• Buka aplikasi folder lalu kalian buka settingan pada aplikasi folder tersebut 

• Kemudian pilih pada tampilkan berkas tersembunyi

• Setelah file tersembunyi tampil maka anda bisa cek di bagian DCIM dan pilih tumbnail maka salah satu file yang tidak dapat di buka di situ pasti mempunyai ukuran yang meledak (mb yang besar) maka anda bisa hapus file tersebut.

2.Aplikasi berat

Aplikasi yang mempunyai ukuran besar bisa di katakan sebagai aplikasi berat namun ada juga yang beranggapan bahwa aplikasi yang berat yaitu aplikasi yang lag saat di gunakan.

Cara mengatasinya yaitu lebih baik gunakan atau unduh aplikasi sesuai kebutuhan saja yang sekiranya penting selain itu anda bisa memilih aplikasi versi Lite nya yang lebih ringan dan hemat memori dan anda uninstal saja aplikasi tang sekiranya memakan banyak ruang penyimpanan.

3.Aplikasi tak terpakai

Mungkin anda menyimpan banyak aplikasi yang sebenarnya tidak pernah anda gunakan ,nah dari sini lah anda menjadi acuh tak acuh untuk menghapus dan membersihkan memori ponsel anda karena anda sendiri tidak peduli dengan file,apk yang menjadi sampah di folder sampai system memberikan peringatan yang akan muncul pada layar ponsel anda yang memperingatkan tentang ruang penyimpanan yang hampir habis.

Sebelum itu terjadi alangkah baiknya anda membackup file seperti foto,video,aplikasi yang anda suka ke memory card atau flash disk selanjutnya anda bisa dengan leluasa menghapus file file tersebut untuk melegakan memori ram ponsel anda.

4.file junk

seperti yang sudah di katakan di atas jika file junk atau file sampah sering kali bersembunyi dan tidak terlihat letaknya di folder namun memakan banyak memori jika file file junk tersebut berukuran mb atau megabyte yang besar.

Cara mengatasinya anda bisa menginstal aplikasi clean yang sudah tersedia di play store jika anda ingin instan menghapus seluruh file junk atau sampah folder yang ada di ponsel anda

5.Aplikasi bloatware

Apa itu bloatware ? bloatware merupakan aplikasi aplikasi yang sudah ada pada ponsel anda secara bawaan asli dari pabriknya.Nah aplikasi ini kebanyakan fidak mempunyai peran penting dalam kegiatan di ponsel anda .

cara mengatasinya yaitu anda masuk ke setelan -> Aplikasi -> lalu anda uninstal atau anda non aktifkan aplikasi bawaan yang menurut anda tidak berguna dan tidak begitu penting.

6.Auto download media di whatsapp

kalau anda menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi atau anda bergabung dengan grub yang sering kali mengirimkan video atau gambar tanoa anda sadari gambar dan video tersebut akan otomatis terdownload tanoa anda buka terlebih dahulu apa pesanya.

Nah hal ini lah yang sering kali bisa menyebabkan memori internal ponsel anda penuh karena lokasi penginstalan whatsapp ini berada di internal.

untuk cara mengatasinya anda bisa masuk ke setelan whatsapp kemudian hilangkan ceklis pada unduh otomatis saat terhubung dengan wifi.

7.File download yang besar

jika anda suka menonton film film the movie yang sedang meledak di bioskop anda tidak perlu mendownloadnya karena hanya akan menghabiskan kuota dan memori penyimpanan ponsel anda akanmenjadi semakin sedikit sampai anda harus menghapus beberapa file atau apk penting demi bisa menhimoan satu film tersebut.Jika anda menggunaka wifi atau mempunyai paket internet yang mempunyai kuota unlimited alangkah baiknya jika anda streaming saja untuk menonton film tersebut. toh anda juga akan menonton satu kali tidak berkali kali.pasti bosan bukan ? makanya jika anda hanya suka meninfon lebih baij streaming namun jika anda suka mengoleksi film anda bisa mendownloadnya di ponsel namun anda harus memindahkanya ke memori eksternal seperti memorycard dan flashdisk .


Cara di atas bisa anda lakukan untuk mengatasi memori intenal hp yang penuh

note : dengan melakukan root hp bukan berarti bisa membuat ruang penyimpanan internal ponsel anda bertambah.karena fungsi dari root yaitu untuk membuka akses atau memberikan akses kepada pengguna yang tidak bisa di lakukan dengan hp non root.sehingga anda leluasa melakukan apa saja dengan sistem android anda dan bisa saja menambah kecepatan ponsel anda.namun bahaya juga jika ponsel yang anda root gagal.malah akan mengalami blank  hingga harus di flash ulang atau menginstal ulang rom android .Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab memori internal Hp penuh dan cara mengatasinya"