Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara mengatasi kamera hp buram tidak jernih

8 Cara mengatasi kamera hp buram tidak jernih

Kamera hp menjadi salah satu fitur yang semakin berkembang kususnya di hp keluaran terbaru yang mengusung kamera dengan megapixel (MP) yang lebih besar dari keluaran ponsel sebelumnya hal ini di tujukan untuk memberikan kepuasan pengguna saat melakukan foto atau selfie.

8 Cara mengatasi kamera hp buram tidak jernih

Namun ada beberapa keluhan yang masih saja terjadi seperti kamera hp yang buram,kamera hp tidak bisa fokus dan lain sebagainya.Kamera hp yang buram bisa di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas kamera ponsel anda,kualitas kamera yang mengusung megapixel kecil seperti pada ponsel android jadul atau jaman dulu memang masih menggunakan kualitas kamera dengan megapixel yang kecil antara lain 2Megapixel(MP),4Megapixel(MP),5Megapixel(MP) di tambah lagi fitur ataublensa yang di gunakan pada ponsel android jadul belum bisa menangkap cahaya dengan baik sehingga banyak kamera hp android  jadul yang tidak bisa menangkao gambar dengab jelas di tempat yang sedikit kurang cahaya,dan ini sangat berbeda dengan kamera pada HP android sekarang ini dimana anda bisa menangkap gambar atau video dengan jelas meski di temoat yang minim cahaya tanpa menggunakan flash.

Kembali lagi pada topik pembahasan tentang cara mengatasi kamera HP yang buram berikut kami rangkum beberpa tips atau cara untuk mengatasinya.

1.Bersihkan kaca kamera

Hal simpel pertama yang sering membuat kamera ponsel anda menjadi buram yaitu karena adanya kotoran yang menjadi kerak di kaca kamera ponsel anda sehingga kamera akan lebih fokus ke kotoran yang menempel pada kaca kamera ponsel,ingat" kaca" bukan " lensa" .

untuk cara mengatasinya : bersihkan dengan lap yang mempunyai oermukaan yang halus jangan kasar karena lap yang mempunyai permukaan kasar malah akan menambah lecet pada kaca yang melindungi kamera ,kalian juga bisa menambahkan sedikit air untuk membasahi lap untuk mempermudah mengahilangkan kerak atau kotoran yang ada.

2.Gunakan selotip

Video eksperimen mengatasi masalah ponsel yang telah beredar di youtube pernah membahas tentang mengatasi kamera hp buram dengan selotip dan hasilnya memang terbukti,di video tersebut pengunggah menampilkan hasil foto before dan after setelah kamera ponsel di beri selotip.

Caranya : anda siapkan selotip bening dan anda potong sesuai kebutuhan ,sebeluk itu bersihkan dulu kaca kamera dan anda bisa menempelkan selotip ke kaca kamera ponsel anda dan lihat saja perubahanya.

3.Lepaskan kaca kamera

Jika masalahnya ada pada kaca kamera ponsel anda yang sudah mulai jelek dan mengalami lecet karena pemakaian anda sehari hari maka untuk mengatasi kamera ponsel yang buram anda bisa melepas atau anda juga bisa mereplace atau mengganti kaca kamera ponsel anda.

4.Ganti lensa kamera

Untuk hal ini memang sering terjadi oada hp yang sudah berusia dan sudah cukuop lama anda gunaka  sejak pertama anda membelinya.karena sudag bertahun tahun anda menggunakanya entah itu oernah jatuh,terbentur dan kemasukan air hal ini lah yang menyebabkan kamera lensa yang ada ada ponsel anda mengalami kerusakan secara berjangka yang mengakibatkan hilangnya ketajaman dan kejernihan dari lensa kamera saat di gunakan untuk memotret.

caranya : anda bisa membeli lensa kamera yang ori milik merek smartphone anda dan anda bisa menggantinya sendiri jika anda bisa namun jika anda tidak tau maka jangan nekat karena kalian bisa membawanya ke konter hp terdekat namun anda harus mengeluarkan biaya yang lebih apalagi jika anda membawanya ke service center saat garansi dari ponsel anda sudah habis.Namun santai saja jika anda tidak tau cara menggantinya maka anda bisa belajar dari youtube dan melakukan secara oerlahan agar sparepart hp yang kain tidak tersendal dan akhirnya malah menambah rusak.

5.Rendam dalam beras

tumpukan beras memberikan efek hangat yang bisa mengeringkan barang anda yang kemasukan air.namun tidak sembarangan jika mengeringkan ponsel anda yang habis terjebur ke air hingga kamera ponsel anda kemasukan air alangkah baiknya anda melepas baterai sim card dan memory card terlebih dahulu .sehingga dalam kondisi hp yg tidak menyala dan tidak ada aliran listrik maka tidak akan mengalami konsleting.

namun untuk mengatasi kamera yang buram akibat kemasukan air anda bisa mengeringkanya dengan menguburnya du tumpukan beras atau anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan dan menghilangkan air atau embun yang ada di balik kaca kamera ponsel anda.

6.Bersihkan dengan pasta gigi

Cara ini bertujuan untuk membersihkan bagian luar dari kaca kamera ponsel anda saja.kenapa ? karena kaca kamera pinsel anda bisa jadi kotor sehingga menyebabkan hasil potret kamera ponsel anda menjadi jelek dan buram.

Caranya : pastikan ponsel dalam keadaan mati untuk mencegah terjadinya konsleting lalu beri sedikit pasta gigi pada bagian kaca kamera ponsel anda lalu gosok menggunakan kain yang halus dengan sedikit basah lalu bersihkan busa dan keringkan lalu anda bisa mencobanya kembali untuk memotret.

7.Reset kamera

Cara ini bisa anda lakukan untuk mengatasi settingan yang tidak sengaja anda ubah sehingga menyebabkan kamera dan hasil foto tidak maksimak atau buram.
untuk cara mengatasinya anda bisa masuk ke pengaturan ponsel lalu cari menu aplikasi dan cari aplikasi kamera bawaan ponsel anda lalu anda bisa buka dan hapus data serta cache nya.Ingat anda jangan menghapus Gallery atau nantinya malah data gellery anda yang akan terhapus seperri foto dan video.

8.Gunakan Google Camera (GCam)

kalau anda ketahui belakangan ini banyak pengguna android yang berlomba lomba memamerkan hasil foto kamera ponsel mereka dengan menggunakan aplikasi kamera milik google yaitu GCam.
Kenapa menggunakan GCam karena aplikasi google ini membantu anda untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal meskipun kualitas kamera anda masih rata rata ponsel biasa bukan kelas high

Nah beberapa cara di atas untuk mengatasi kamera HP yang buram bisa anda lakukan dan cara di atas terbukti ampuh untuk mengatasi kamera yg buram.Maka dari itu pandailah anda dalam merawat ponsel anda agar ponsel anda selalu dalam kondisi prima dan awet.

Posting Komentar untuk "8 Cara mengatasi kamera hp buram tidak jernih"