Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Sukses Wawancara Melalui Video Call

7 Tips Agar Sukses Wawancara Melalui Video Call


Saat kalian melamar pekerjaan hal yang paling kalian tunggu tunggu adalah mendapatkan panggilan kerja kan ?.Nah sebelum di terima bekerja kalian akan melewati satu sesi perekrutan calon karyawan baru di kantor atau perusahaan tertentu yaitu wawancara dalam tahap wawancara biasanya kalian diminta untuk datang langsung ke kantor atau perusahaan untuk bertemu langsung dengan HRD guna memenuhi panggilan kerja.


Dalam mengirim panggilan kerja untuk saat ini atau zaman sekarang biasanya di kirim melalui pesan whatsapp karena whatsapp sudah menjadi aplikasi chatting yang paling populer bahkan banyak perusahaan yang menggunakanya untuk melakukan kegiatan bisnis hingga media perekrutan karyawan baru.


Selain dari whatsapp biasanya perusahaan akan mengirimkan panggilan kerja bagi kalian yang beruntung dan lolos seleksi berkas melalui email.Ya,email juga menjadi media yang paling sering di gunakan dalam melamar pekerjaan.Namun jika menggunakan email maka kalian tidak akan bisa melakukan video call karena dalam fitur aplikasi gmail memang tidak menyediaknya,makanya aplikasi whatsaap ini memang yang paling work it dalam melakukan perpesanan,telepon hingga panggilan video atau video call.


Karena masa pandemi banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan wawancara kerja untuk karyawan barunya melalui fitur video call,kenapa video call ? Karena dinilai lebih simpel dan mudah di samping itu HRD dan Calon karyawan baru bisa bertatap muka melalui panggilan video call tanpa harus bertemu secara fisik.


Tapi demikian bagi kalian yang mendapatkan panggilan wawancara atau interview kerja melalui video call kalian harus memperhatikan hal hal apa saja yang harus kalian lakukan saat melakukan tes wawancara kerja melalui video call agar kalian dapat berhasil dan sukses dalam melakukan tes wawancara kerja melalui video call.


Sesi perekrutan karyawan baru kini dapat melalui video call atau virtual,tentu dengan melalui panggilan virtual bisa lebih ekonomis karena menghemat biaya,mudah dan praktis.Untuk sebagian orang ketika mendapatkan panggilan untuk tes wawancara di perusahaan yang sebelumnya di lamar merupakan hak yang menegangkan namun ada pula yang senang kegirangan tanpa ada rasa gugup dan pastinya mereka tetap optimis bekerja serta mempunyai semangat kerja yang tinggi.


Lalu apa saja tips yang perlu kita perhatikan agar berhasil dalam melakukan wawancara kerja melalui video call ? Simak dan praktikan jika suatu saat kalian mendapatkan panggilan kerja melalui video call dari perusahaan yang kalian lamar.Di artikel ini systemauni akan membagikan 7 tips yang bisa kalian lakukan agar berhasil wawancara online.


Tips Agar Sukses Wawancara Melalui Video Call


Ada hal yang perlu kalian perhatikan saat menerima dan melakukan panggilan wawancara kerja secara daring atau melalui video call.Apa saja hal hal yang perlu kita perhatikan mari kita bahas berikut ini.




1.Cek Audio dan Kamera

7 Tips Agar Sukses Wawancara Melalui Video Call


Nah kedua hal ini juga perlu kalian perhatikan selain kecepatan jnternet yang kalian gunakan kalian juga oerlu memperhatikan kondisi audio dan kamera ponsel kalian.Pada saat melakukan tes wawancara panggilan kerja yang akan kalian lakukan alangkah baiknya jika kalian memastikan audio dan kamera ponsel atau laptop maupun pc yang kalian gunakan sudah dalam kondisi baik baik saja atau bisa di gunakan.


Kalian bisa mencobanya dengan melakukan panggilan video dengan saudara atau teman guna memastikan bahwa kanera dan audio ponsel yang kalian gunakan pada saat tes wawancara baik baik saja.Untuk lebih baik lagi jika kalian menghunakan ponsel dengan kamera yang bagus dan tidak buram agar saat video call wajah dan tampilan kalian terlihat fresh di hadapan HRD.


2.Cek Jaringan Internet


Ketika melakukan panggilan video call seperti contohnya melalui aplikasi whatsapp atau zoom hal yang perlu kalian perhatikan yaitu koneksi atau kecepatan jaringan internet yang kalian gunakan.Sebelumnya kalian harus memastikan sinyal simcard yang kalian gunakan mempunyai indikator full atau jika kalian menggunakan ponsel yang sudah mendukung sinyal 4G lebih baik lagi kalian kunci sinyal ke mode sinyal 4G agar kalian mendapatkan kecepatan internet yang stabil.


Selain itu kalian bisa cek kuota data apakah kuota data internet kalian masih mencukupi untuk melakukan panggilan video call dalam waktu yang cukup lana.Untuk lebih baik lagi kalian bisa menggunakan wiffi jika kalian memasang wiffi di rumah atau jika tidak kalian perlu mengganti kartu perdana yang mempunyai sinyal dan koneksi bagus di wilayah tempat kalian melakukan wawancara kerja.


3.Pilih Tempat Dengan Pencahayaan Tang Baik


Selain Kamera ponsel yang kalian gunakan pada saat tes wawancara berlangsung harua dalam kondisi yang baik dan daoat menangkap gambar atau video wajah kalian dengan jelas kalian juga perlu memperhatikan pencahayaan yang baik dalam artian di saat kalian melakukan panggialn video wawancara kerja kalian harus berada di ruangan yang cukup cahaya dan layak.


Sebagai contoh pada saat kalian melakukan virtual wawancara alangkah baiknya kalian berada di ruang tamu ,teras rumah atau kamar yang rapi dengan pencahayaan yang cukup atau bahkan terang,supaya apa ? Agar pada saat wawancara berlangsung dapat membantu kamera menangkap video sehingga pada saat proses rekrut wajah kalian akan terlihat jelas dan jernih juga kalian perlu memilih tempat yang rapi dan layak agar dinilai sopan ketika wawancara kerja sedang berlangsung .


4.Posisikan Kamera Dengan Benar (Angel Kamera)


Bagian kamera memang hal yang penting dan pastikan berfungsi dengan baik untuk kelancaran wawancara virtual.Dengan memposisikan kamera dengan benar maka kaljan akan mendapatkan angel atau pandangan kamera yang baik saat video call berlangsung.


Untuk.mendapatkan angel kamera yang bagus dan telat kalian perlu memperhatikan tempat serta pencahayaan yang baik dan cukup selanjutnya kalian bisa mencari meja atau tatakan atau tempat untuk meletakkan ponsel dan pastikan ponsel yang kalian letakkan posisinya berada di depan kalian dan merekam seluruh wajah kalian mulai dari kepala hingga setengah badan.


5.Gunakan Pakaian Yang Sopan (Tampilan yang Rapi)


Saat kalian akan mengikuti wawancara sebagai kandidat pelamar yang sesuai oleh perusahaan dan bertatap muka oleh HRD sebagai perekrut karyawan baru meskipun hanya melalui sebuah panggilan virtual atau video call kalian juga harus tetap rapi.Gunakan pakaian yang sopan saat interview berlangsung contoh pakaian yang sopan antara lain kaljan bisa menggunakan kemeja jang sudah di setrika sehingga terlihat rapi dan menambah nilai tersendiri.


Selain pakaian yang harus rapi kaljan juga perlu memperhatikan rambut kalian jika kalian perempuan dan mempunyai rambut oanjang maka bisa di sisir terlebih dahulu hibgga rapi atau jika kalian seorang muslimah maka kalian bisa mengenakan kerudung dan jika kaljan seorang pria maka kaljan bisa memotong dan merapikan rambut gondrong kalian ,setidaknya kalian sisir rambut hingga rapi.



6.Posisikan Raut Wajah dan Gestur Tubuh


Ketika wawancara sedang berlangsung pastikan kalian memasang ekspresi wajah yang ceria dan meyakinkan sehingga HRD dapat melihat bahwa kalian mempunyai semangat kerja yang tinggi dan optimis yang tinggi dengan pekerjaan yang kalian pilih pada saat kalian melamar posisi lowongan yang di sediakan untuk para pelamar selain itu kalian juga akan lebih rileks dalam melakukan wawancara,sama halnya dengan ekspresi wajah atau raut wajah dengan gestur tubuh.


Jika pada saat wawancara melalui video call berlangsung dan kalian memasang tubuh yang lemas dan tidak tegap maka HRD bisa menyimpulkan bahwa dengan membaca gestur tubuh seperti cara kalian duduk dan berbicara kalian merupaka orang yang pemalas atau lemah dan juga kakian jangan nemasang raut wajah juga gestur tubuh yang terlihat tegang karwna bisa jadi sang HRD juga dapat mengambil kesimpulan jika kalian belum siap untuk terjun ke dunia kerja.


Maka dari itu pada saat melangsungkan wawancara kerja kalian harus memposisikan raut wajah yang ceria dan semangat juga gestur tubuh yang tegap,berwibawa,tegas.Sehingga hanya dengan melihat gestur tubuh dan wajah kalian saja sudah dapat meyakinkan dan memberikan kepercayaan untuk HRD bahwa kalian merupakan orang yang mempunyai  semangat kerja tinggi dan bertanggung jawab atas pekerjaanya.


7.Fokus Ketika Wawancara Kerja Berlangsung


Fokus itu penting dan menandakan kalian susah siao menghadapi interview dari sang HRD.Ketika wawancara berlangsung pasti HRD sebagai perekrut karyawan baru akan memberikan kalian beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab dengan benar maka dari itu paatikan kaljan menjaga fokus ketika di wawancarai agar ketika HRD menanyakan soal A kalian juga menjawab jawaban dari Soal A bukan menjawab yang lain.


Selain itu dengan kalian fokus pada saat interview wawancara kerja maka kalian dapat dengan tenang menjawab semua pertanyaan yang di lontarkan oleh perekrut kepada kalian sebagai kandidat terpilih dan kalian pun dapat dengan lancar,tenang dan meyakinkan dalam menjawab semua pertanyaan tersebut.kesimpulanya jangan sampai kaliab terlihat gugup saat bertatap muka dengan HRD apalagi sampai bicarapun terpatah patah karena memang kalian merasakan gugup dan fokus yang tidak terjaga.


Kesimpulan


Wawancara atau interview kerja melalui video call memang lebih mudah dan simpel serta hemat biaya namun tidak juga kalian menyepelekan hal tersebut,tetap saja sebelum melakukan wawancara kerja kalian harus mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti menata bahasa maupun cara berbicara yang baik agar sopan dan dapat meyakinkan HRD bahwa kalian meruoakan kandidat kerja yang baik,bertanggung jawab terhadap pekerjaanya.


Dengan memperhatikan hal hal yang sudah lokerjarang bahas pada artikel di atas yaitu ada 7 tips dari systemauni yang bisa kalian lakukan sebelum hingga saat melakukan wawancara kerja melalui video call mulai dari mengecek jaringan internet yang digunakan,mengecek terlebih dahulu audio dan kamera,memilih tempat dengan pencahayaan yang terang dan cukup,memilih angel kamera atau posisi kamera merekam,berpakaian sopan dan rapi,Perhatikan raut wajah dan gestur tubuh,sampai pada titik fokus dalam melakukan wawancara kerja.Sekian 7 Tips agar sukses wawancara melalui video call


Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Sukses Wawancara Melalui Video Call"