Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen (Ketahui Penyebabnya !!)

 

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen (Ketahui Penyebabnya !!)

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen - Printer merupakan perangkat output yang mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen.Namun apa jadinya jika printer yang kalian gunakan dalam keadaan siap digunakan atau ready tapi saat kalian melakukan printah untuk mengeprint sebuah dokumen printer tidak bekerja dan mencetak dokumen sesuai perintah yang kalian berikan dan kalian sendiri tidak tau apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi printer yang tidak mau ngeprint atau mencetak dokumen meskipun dalam keadaan menyala atau ready.

Keadaan dimana printer tidak mau ngeprint meskipun kalian sudah melakukan perintah print melalui file>>print>>kemudian menekan print lagi untuk menjalankan perintah atau dengan menekan CTRL+P secara bersamaan untuk menjalankan perintah print dokumen bisa disebabkan oleh banyak faktor,seperti perangkat lainya printer juga dapat mengalami problem,error atau permasalahan yang tiba tiba muncul sehingga menyebabkan printer macet dan tidak mau melakukan printinh dokumen saat kalian memberikan oerintah print dokumen pada pc.Lalu apa saja faktor penyebabnya? mari kita bahas berikut ini mengenai penyebab printer yang tidak mau ngeprint

Penyebab printer tidak mau ngeprint

Penyebab printer macet dan tidak mau ngeprint bisa di sebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari salah setting pada software printer yang terinstal pada pc hingga pada perangkat hardware printer yang mengalami kerusakan.

1.Kabel penghubung antara printer dan PC tidak terpasang dengan baik

Jika kalian mengalami printer yang sedikit terganggu saat kalian akan melakukan print dokumen seperti kabel yang sudah tersambung namun printer dan pc belum terhubung kalian bisa mengecek bagian kabel yang menghubungkan antara printer dengan pc pastikan keadaan kabel sehat dan tersambung dengan baik antara soket yang ada pada printer dan soket yanh ada pada pc.

2.Printer dalam posisi off atau mati saat kalian melakukan print dokumen

Sebelum melakukan cetak dokumen alangkah baiknya kalian pastikan terlebih dahulu bahwa power yang ada pada printer sudah kalian on kan sehingga printer dalam keadaan ready untuk mencetak dokumen.

3.Kabel power printer tidak tersambung ke stop kontak dengan benar

Kabel daya atau kabel power yang tidak tersambung dengan benar pada stop kontak menyebabkan aliran listrik yang masuk ke perangkat printer tidak stabil.biasanya ini terjadi kalau stop kontak tempat kalian mencolokan kabel daya longgar sehingga ujung kabel daya tidak dapat tertancap dengan kencang dan benar.

4.Roll pada printer yang menarik kertas kedalam cetakan mengalami kerusakan

Roll pada printer berfungsi untuk menarik kertas yang di siapkan agar kertas dapat masuk ke mesin cetak saat proses print di lakukan,namun kadang meskipun roll berputar dan bekerja namun sering terjadi kertas tidak tertarik saat roll berputar.Untuk mengeceknya kalian bisa melakukan percobaan print pada printer yang sedang kalian gunakan jika pada saat melakukan print roll printer berputar namun tidak dapat menarik kertas sebaiknya kalian mengganti roll printer dengan roll yang baru.

5.Kertas cetak terlalu banyak di pasang

Yang namanya printer pasti mempunyai batasan atau maksimal kertas yang dipasang untuk di gunakan ngeprint pada printer tertentu.Nah pada saat kalian memasang tumpukan kertas cetak yang terlalu bamyak dan melebihi kapasitas maka hal ini dapat menyebabkan printer tidak akan dapat melakukan print dokumen.

6.Paper jam pada printer

Paper jam pada printer ini terjadi karena adanya benda asing atau kertas yang menyumbat pada roll printer sehingga menyebabkan kertas tidak dapat tertarik oleh roll karena linerja roll pada printer terganggu akibat tersumbat agau terlilit benda asing atau kertas yang digunakan.Cara mengatasinya kalian bisa mengabil benda yang tersangkut pada roll dengan hati hati jangan terlalu kasar atau kalian malah akan merusak roll printer.

7.Kerusakan pada Catridge printer

Kerusakan pada catridge printer dapat menyebabkan printer tidak daoat melakukan print dokumen
Kalian bisa melakukan pengecekan dan jika memang sudah pasti catridge pada printer memang sudah rusak kalian bisa memperbaikinya sendiri jika kalian paham namun kalau kurang paham memgenai prknter dan cara memperbaikinya kalian bisa menggantinya dengan catride yang baru .

8.Driver printer tidak terinstal dan mengalami error

Sebelum melakukan printing kalian harus menghubungkan printer dengan PC atau laptop jika sudah terhubung kalian memerlukan sebuah software driver pada pc untuk menjalankan perintah print pada printer.Kalian bisa mengunduh driver printer yang kompatibel denhan pc atai laptop yang kalian gunakan dan kalian hubungkan dengan printer.

9.Ruang penyimoanan penuh

Ruang penyimpanan pada laptop atau pc kalian yang penuh bisa menjadi penghambat kalian dalam melakukan print dokumen.Akibat ruang penyimpanan yang penuh memyebabkan laptop atau pc tidak dapat mengirimkan lerintah ke printer untuk melakukan print dokumen.Sebaiknya kalian rajin membersihkan cache pada ruang pemyimoanan pc atau kalian bisa menghapus file file berukuran besar yang tidak pernah kalian gunakan.

10.Setting pada printer yang salah

Settingan printer yang tidak benar dapat mengakibatkan printer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.untuk memperbaikinya kalian bisa melakukan reset printer menggunakan software resetter printer yang kalian gunakan pastikan jakian menggunakan resetter yang kompatibel dengan pc atau laptop kalian.Fungsi dari resetter sendiri yaitu mengembalikan setelan printer ke default jadi semua settingan printer yang sebelumnya error akan di setting ke semula atau awal setingan pabriknya.

Nah selanjutnya kita bahas tentang Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen.Untuk lanhkah langkah nya dibawah ini ada 4 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi printer kalian yang error.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen

Kosongkan Print Queue

1.Kalian lihat pada bagian pojok kanan bawah tampilan windows pc kalian,kemudian kalian klik yang bertanda panah bawah.

2.Pada tanda panah yang kalian klik tadi selanjutnya kalian cari icon yang bergambar printer selamjutnya kalian klik 2kali.

3.Lalu kalian akan dapat melihat file dokumen yang sebelumnya akan kalian print namun mengalami pending.dan kalian bisa memilih file tersebut lalu kalian cancel atau batalkan untuk print.

4.Coba lagi untuk melakukan print dokumen

5.Berhasil

Menggunakan services.msc

1.Pada keyboard PC atau laptop.kalian tekan tombol bergambar windows dengan huruf R secara bersamaan (Tombol windows+R) kemudian kalian ketikan (services.msc)

2.Jika sudah masuk di menu service kalian cari print spooler kemudian kalian kljk kanan dan pilih stop.

3.Lalu kalian minimize tampilan service kemudian kalian tekan tombol windows +R lagi secara bersamaan kemudian kalian ketikan

C:\Windows\System32\spool\PRINTERS

 dan tekan tombol Enter pada keyboard.

4.Hapus semua file yang ada alu kembali lagi ke menu service yanh sebelumnya kalian minimize dan kalian pilih (print spooler) kemudian kalian klik kanan dan pilih ( Start ).

5.Setelah selesai kalian bisa me reboot atau merestart pc agar lebih optimal.

Menggunakan Control Panel

1.Kalian klik pada menu (start) dan kalian pilih (Control Panel)

2.Lalu kalian pilih View Devices and Printers yang ada pada icon Hardware and Sound

3.Saat muncul beberapa pilihan printwr maka kalian bisa memilih nama printer yang akan kalian gunakan untuk print dokumen dan klik Set As Default Pinter

4.Selesai

Gunakan printer yang sesuai

1.Buka file dokumen yang akan kalian cetak atau print kemudian tekan tombol CTRL+P secara bersamaan .

2.Klik panah bawah berwarna hitam dan kalian Nama printer dan kalian lilih atau sesuaikan dengan nama lrinter yang akan kalian gunakan.

3.Selesai

Kesimpulan

Untuk kalian yang mengalami printer error atau printer tidak bisa ngeprint meskipun dalam keadaan ready atau siap digunakan kalian jangan khawatir dan jangan tergesa gesa untuk membongkar part dari printer milik kalian.Dari artikel di atas systemauni sydah memberikan beberapa tips untuk cara mengatasi masalah printer yang tidak bisa ngeprint dan systemauni tuliskan juga beberapa faktor penyebab yang mengakibatkan printer ready tapi tidak bisa ngeprint kalian bisa membacanya di atas.Sekian artikel Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen (ketahui penyebabnya !!) .

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint Dokumen (Ketahui Penyebabnya !!)"